Seberapa berat hidup yang kita jalani?

Pernahkah kita merasa bahwa hidup yang kita jalani begitu menyedihkan dan berat? Apa yang sebenarnya membuat kita merasa seperti itu?
Masalah?
Kegagalan?
Kekecewaan?
Atau Ketidak-mampuan untuk memiliki sesuatu?

Tahukah, ketika kita membenci hidup yang menurut kita berat ini, disana ada orang-orang yang bahkan memimpikan untuk bisa memiliki hidup seperti yang kita miliki.Terkadang kita menangis dan mengeluh karena tidak memiliki "sepatu bagus" untuk bermain bola bersama reman-teman, lalu seketika kita merasa hidup begitu menyedihkan. Tetapi ditempat lain, ada seseorang yang begitu memimpikan memiliki "sepasang kaki" yang sehat dan sempurna. Tidakkah kita merasa betapa beruntung dan kaya-nya diri kita? Masihkah kita merasa tidak adilnya hidup ini? Bersediakah kita "bertukar hidup" dengan mereka? Sehari saja. Bersediakah?

Masalah, kegagalan, dan kekecewaan terkadang memang mampu menggoyahkan tangguhnya diri kita. Tetapi hal-hal itu dihadirkan dalam hidup bukan tampa tujuan. Bukankah sebuah bangunan yang kokoh atau kendaraan yang tangguh harus di-uji coba terlebih dahulu untuk diakui ketangguhan dan kekokohannya?
Katakan padaku sekali lagi, “Seberapa berat hidup yang kita jalani?”

Bali; December 2018
Agustina



Komentar

Postingan Populer